01 September 2008

Jambore Daerah I Hizbul Wathan

Puji dan syukur hanya milik Allah yang Maha Kuasa dan Maha Menguasai seluruh alam semesta dan seisinya. Hanya atas ijin dan perkenanNYA saya dapat mengemban amanah sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Jambore Daerah I Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwartir Daerah Kabupaten Kendal

Kegiatan ini dapat sukses terselenggara pada Kamis – Ahad, 28 – 31 Agustus 2008 sesaat setelah saya menunaikan kewajiban lain yakni Sekretaris Panitia Pelaksana Pencalonan dan Pemilihan Kepala Desa Gebanganom yang menggelar hajat Pilkades pada kamis, 21 Agustus 2008 yang kemudian dilanjutkan dengan kewajiban sebagai trainer untuk Pelatihan Pemanfaatan TIK di Cilacap, 25 – 27 Agustus 2008. Sungguh Maha Agung Allah yang telah menjadikan semuanya mudah.

Jambore Daerah I Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwartir Daerah Kabupaten Kendal Tingkat Pengenal dan Penghela ini merupakan sarana unjuk kekuatan “show a force” bangkitnya kembali Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) di Kabupaten Kendal setelah di”tidurkan” oleh pemerintah melalui Keppres No. 238 Tahun 1961. Alasan sederhana mengapa Muhammadiyah perlu membangkitkan kembali Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan ini adalah :

  • 1. Muhammadiyah merasa kekurangan supply kader militant. Hizbul Wathan adalah pencetak kader bangsa yang tangguh, terbukti dengan lahirnya Panglima Besar Jenderal Besar Soedirman yang besar dari didikan Hizbul Wathan.
  • 2. Muhammadiyah merasa perlu memberikan pembinaan dan pendidikan kepanduan khusus kepada kader-kadernya yang berada di bangku sekolah Muhammadiyah. Gerakan Pramuka dianggap oleh Muhammadiyah terlalu besar dan perlu dibantu. Sehingga cukup di sekolah Muhammadiyah para siswa mendapat pendidikan kepanduan melalui Hizbul Wathan. Dan Gerakan Pramuka masih memiliki bidang garap yang sangat luas.

Dalam kapasitas sebagai Ketua Panitia dan Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kabupaten Kendal, saya menganggap kegiatan ini cukup sukses, meskipun di sana sini ada kekurangan yang dapat dibenahi di waktu yang akan dating. Dukungan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah, khususnya Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah sangat diperlukan untuk dapat terus menumbuhkembangkan Gerakan Kepanduan HW ini di semua sekolah Muhammadiyah.

Selanjutnya, secara pribadi saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga kepada jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kendal beserta majelis dan ortomnya, Rumah Sakit Islam Weleri, rekan-rekan Kokam, Komandan Distrik Militer Kendal, Camat Weleri, Kapolsek Weleri, Danramil Weleri, warga masyarakat Desa Penyangkringan, Weleri dan semua pihak yang tak mungkin disebutkan semuanya. Terima kasih, semoga segala kebaikannya mendapat balasan yang lebih baik dari Allah SWT.











Tidak ada komentar: